Efektivitas Model Pembelajaran Discovery LearningTerhadap Hasil Belajar Matematika Peminatan (Studi Kasus Peserta Didik Kelas XII IPA MAN Alor)
DOI:
https://doi.org/10.12220/td0s8y59Kata Kunci:
Discovery Learning, Efektivitas, Matematika, MAN Alor, Model PembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar Matematika Peminatan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Alor Kelas XII IPA Tahun Pelajaran 2023/2024 sebanyak 171 orang. Sampel penelitian adalah Kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XII IPA 3 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dengan soal berbentuk uraian. Data dianalisis dengan Uji N-Gain Score yang didahului dengan Uji Normalitas dan Uji Beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning cukup efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas XII IPA MAN Alor Tahun Pelajaran 2023/2024.
Unduhan
Referensi
Abdjul, D. (2022). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada peserta didik kelas X SMA negeri 1 Buntulia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 343-348.
Adjie, N., Putri, S. U., & Dewi, F. (2021). Improvement of Basic Math Skills Through Realistic Mathematics Education (RME) in Early Childhood. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1647-1657.
Artawan, P. G. O., Kusmariyatni, N., & Sudana, D. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 452-458.
Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis minat dan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran discovery learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 283-290.
Irwan, F., Hadi, K., & Rahman, A. A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Media Torso Pada Materi Sistem Pernafasan Terhadap Hasil Belajar peserta didik Kelas Xi Sma Negeri 1 Pante Ceureumen Kec Pante Ceureumen. VII (1), 75–78.
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 032/H/KR/2024 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka
Khoiri, N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar: The Effectiveness of the Inquiry Learning Model on Learning Outcomes. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 2(1), 127-133.
Nourhasanah, F. Y., & Aslam, A. (2022). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5124-5129.
Pangesti, W., & Radia, E. H. (2021). Meta analisis pegaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik sekolah dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 281-286.
Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA peserta didik. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9.
Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa peserta didik. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11.
Rafianti, I., Setiani, Y., & Novaliyosi, N. (2018). Profil kemampuan literasi kuantitatif calon guru matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1).
Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi teorema pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227-237.

Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rahmatia Lang Ere,M.Pd (Autor/in)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.