Perbandingan Hasil Belajar Siswa Saat Belajar di Sekolah Dengan Saat Belajar di Rumah pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Siswa Kelas III SD Inpres Umapura Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.12220/pnkjz127Kata Kunci:
Perbandingan, Hasil Belajar, Matematika, Siswa, Sekolah, RumahAbstrak
Telah dilakukan penelitian tentang perbandingan hasil belajar siswa saat belajar di sekolah dengan saat belajar di rumah pada mata pelajaran matematika materi pecahan sederhana siswa kelas III SD Inpres Umapura Tahun Pelajaran 2019/2020 yang bertujuan untuk mengetahui Bagaimana hasil belajar saat di sekolah dengan saat di rumah serta apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan sederhana kelas III SD Inpres Umapura.
Metode dalam penelitian ini ialah kuantitatif, teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Menghitung uji normalitas melalui uji Shapiro wilk dengan bantuan software SPSS 22 T hit (0,22) < t α; df (29,566) dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa saat di sekolah dengan saat belajar di rumah pada mata pelajaran matematika kelas III SD Inpres Umapura Tahun Pelajaran 2019/2020
Unduhan
Referensi
Arifin,
2012 Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara
Basuki,
2016 Dasar-dasar rumah sehat. Jakarta: Menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat
Hamalik,
2007 Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Heruman,
2007 Model Pembelajaran Mtematika. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Margono,
2000 Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Misbahudin,
2013 Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution,
2017 Strategi pembelajaran. Perdana Publishing: Medan
Slameto,
2003 Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sudijono,
2012 Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiono,
2012 Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiono,
2015 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & d. Bandung: Alvabeta

Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fadhiilah A.A. Likur,M.Pd, Wati Tuong, Abdullah RS, M.Pd (Autor/in)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.