Perbandingan Hasil Belajar Siswa Saat Belajar di Sekolah Dengan Saat Belajar di Rumah pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Siswa Kelas III SD Inpres Umapura Tahun Pelajaran 2019/2020

Penulis

  • Fadhiilah A.A. Likur,M.Pd STKIP Muhammadiyah Kalabahi Autor/in
  • Wati Tuong STKIP Muhammadiyah Kalabahi Autor/in
  • Abdullah RS, M.Pd STKIP Muhammadiyah Kalabahi Autor/in

DOI:

https://doi.org/10.12220/pnkjz127

Kata Kunci:

Perbandingan, Hasil Belajar, Matematika, Siswa, Sekolah, Rumah

Abstrak

Telah dilakukan penelitian tentang perbandingan hasil belajar siswa saat belajar di sekolah dengan saat belajar di rumah pada mata pelajaran matematika materi pecahan sederhana siswa kelas III SD Inpres Umapura Tahun Pelajaran 2019/2020 yang bertujuan untuk mengetahui Bagaimana hasil belajar saat di sekolah dengan saat di rumah serta apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan sederhana kelas III SD Inpres Umapura.

Metode dalam penelitian ini ialah kuantitatif, teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Menghitung uji normalitas melalui uji Shapiro wilk dengan bantuan software SPSS 22 T hit (0,22) < t α; df (29,566) dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa saat di sekolah dengan saat belajar di rumah pada mata pelajaran matematika kelas III SD Inpres Umapura Tahun Pelajaran 2019/2020

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Arifin,

2012 Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Basuki,

2016 Dasar-dasar rumah sehat. Jakarta: Menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat

Hamalik,

2007 Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Heruman,

2007 Model Pembelajaran Mtematika. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Margono,

2000 Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Misbahudin,

2013 Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Nasution,

2017 Strategi pembelajaran. Perdana Publishing: Medan

Slameto,

2003 Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudijono,

2012 Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiono,

2012 Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiono,

2015 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & d. Bandung: Alvabeta

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-17

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Perbandingan Hasil Belajar Siswa Saat Belajar di Sekolah Dengan Saat Belajar di Rumah pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Siswa Kelas III SD Inpres Umapura Tahun Pelajaran 2019/2020. (2023). Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(1. JPM), 11. https://doi.org/10.12220/pnkjz127

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.