Arsip
-
Juli 2023
Vol 1 No 1. JPM (2023)Jurnal Pendidikan Madrasah (JPM) Vol. 1 No. 1 (Juli 2023) | ISSN: 3063-7201 (Media Online) | menampilkan lima penelitian yang tidak hanya berkontribusi pada pengembangan teori, tetapi juga memberikan manfaat praktis bagi pendidik, pengelola madrasah, dan pemangku kepentingan pendidikan. Penelitian-penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang metode pengajaran yang lebih efektif, strategi manajemen madrasah yang lebih efisien, serta pendekatan evaluasi yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian dalam edisi ini dapat dijadikan referensi dalam merancang kebijakan pendidikan yang lebih baik, memecahkan masalah yang ada di lingkungan pendidikan madrasah, serta mendorong inovasi yang berkelanjutan demi kemajuan pendidikan Islam di Indonesia.
-
Januari 2025
Vol 3 No 1. JPM (2025)Jurnal Pendidikan Madrasah (JPM) |ISSN: 3063-7201 (Media Online)| merupakan jurnal yang diterbitkan oleh MAN Alor yang bekerja sama dengan STKIP Muhammadiyah Kalabahi. JPM memuat hasil kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, pengembangan, pengelolaan, pemanfaatan, evaluasi, dan penelitian dalam bidang pendidikan yang merupakan hasil penelitian atau literaur Review di lembaga pendidikan formal, non-formal dan informal serta lembaga-lembaga pelatihan.
-
Juli 2024
Vol 2 No 1. JPM (2024)Jurnal Pendidikan Madrasah (JPM) Vol. 2 No. 1 (Juli 2024) | ISSN: 3063-7201 (Media Online)| menghadirkan lima artikel penelitian yang dihasilkan oleh kolaborasi antara guru-guru MAN Alor dan dosen-dosen STKIP Muhammadiyah Kalabahi. Edisi ini melanjutkan komitmen untuk mengangkat isu-isu pendidikan yang relevan, terutama di wilayah kepulauan dan terpencil.
Artikel dalam edisi ini mencakup beragam topik inovatif di bidang pendidikan, seperti penerapan pembelajaran berbasis teknologi dalam pendidikan madrasah, strategi pengembangan kurikulum lokal yang sesuai dengan kebutuhan daerah, serta metode pembelajaran aktif yang berfokus pada peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Selain itu, penelitian juga membahas model pengembangan profesionalitas guru serta evaluasi keberhasilan program pendidikan berbasis masyarakat.
Hasil penelitian di Vol. 2 No. 1 ini memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan kualitas pendidikan, khususnya dalam konteks pendidikan madrasah dan pendidikan di daerah terpencil. Artikel-artikel ini tidak hanya memperkaya literatur akademik, tetapi juga menawarkan solusi konkret untuk tantangan praktis di lapangan, sehingga dapat dijadikan panduan bagi pengambil kebijakan, guru, dan institusi pendidikan dalam merumuskan langkah-langkah strategis yang berkelanjutan.