Vol 2 No 1. JPM (2024): Juli 2024

Jurnal Pendidikan Madrasah (JPM) Vol. 2 No. 1 (Juli 2024) | ISSN: 3063-7201 (Media Online)| menghadirkan lima artikel penelitian yang dihasilkan oleh kolaborasi antara guru-guru MAN Alor dan dosen-dosen STKIP Muhammadiyah Kalabahi. Edisi ini melanjutkan komitmen untuk mengangkat isu-isu pendidikan yang relevan, terutama di wilayah kepulauan dan terpencil.
Artikel dalam edisi ini mencakup beragam topik inovatif di bidang pendidikan, seperti penerapan pembelajaran berbasis teknologi dalam pendidikan madrasah, strategi pengembangan kurikulum lokal yang sesuai dengan kebutuhan daerah, serta metode pembelajaran aktif yang berfokus pada peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Selain itu, penelitian juga membahas model pengembangan profesionalitas guru serta evaluasi keberhasilan program pendidikan berbasis masyarakat.
Hasil penelitian di Vol. 2 No. 1 ini memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan kualitas pendidikan, khususnya dalam konteks pendidikan madrasah dan pendidikan di daerah terpencil. Artikel-artikel ini tidak hanya memperkaya literatur akademik, tetapi juga menawarkan solusi konkret untuk tantangan praktis di lapangan, sehingga dapat dijadikan panduan bagi pengambil kebijakan, guru, dan institusi pendidikan dalam merumuskan langkah-langkah strategis yang berkelanjutan.
Articles
-
Efektivitas Model Pembelajaran Discovery LearningTerhadap Hasil Belajar Matematika Peminatan (Studi Kasus Peserta Didik Kelas XII IPA MAN Alor)
-
Penerapan Metode Whole Language Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di Kelas IV Uptd SD Negeri Bana Kecamatan Pantar Tahun Pelajaran 2023-2024
-
Kalimat Aktif Dalam Bahasa Adang di Desa Lewalu Kecamatan Alor Barat Laut Kabupaten Alor
-
Analisis Deskriptif Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Di Rumah Siswa Kelas VA SD Inpres Bungawaru Kecamatan Teluk Mutiara Kabupaten Alor