Penerapan Model Pembelajaran Group Investigaton Pada Materi Kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 3 MAN Alor

Penulis

  • Hadi Abdul Aziz Kammis,SH Autor/in

DOI:

https://doi.org/10.12220/mfgv0k67

Kata Kunci:

Model, Pembelajaran, Grup Investigasi

Abstrak

Salah satu masalah pembelajaran yang dihadapi siswa adalah rendahnya tingkat keaktifan yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini menjadi alasan penelitian ini penulis lakukan untuk membantu menyelesaikan kendala pembelajaran yang dihadapi siswa kelas XII IPA 3 MAN Alor tahun pelajaran 2019/2020 dalam mempelajari materi Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 3 MAN Alor sebanyak 29 orang. Dua hal yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu peningkatan keaktifan belajar dan peningkatan hasil belajar siswa melalui model Kooperatif tipe Group Investigation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes tertulis, sedangkan sistem analisa data dilakukan dengan pendekatan deskripsi kualitatif yang berhubugan dengan aktifitas guru dan siswa. Terdapat dua kriteria keberhasilan dalam penelitian ini, yaitu rata-rata keaktifan belajar siswa dan rata-rata hasil belajar siswa (pencapaian nilai KKM >=78 ) harus mencapai 75%. Berdasarkan hasil penelitian, hasil akhir dari tingkat keaktifan siswa mencapai nilai rata-rata kelas sebesar 75,86%, sedangkan rata-rata perolehan hasil belajar siswa mencapai 96,55%. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation pada materi Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara bagi siswa Kelas XII IPA 3 MAN Alor Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan keaktifan belajar dan berdampak pada perolehan hasil belajar yang baik.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

David Moeljadi, Randy Sugianto, Jaya Satrio Hendrick, Kenny Hartono,

2016 KBBI V 0.2.1 Beta (21).apk, Kemendikbud RI.

Direktorat Pembinaan SMA,

2017 Panduan Pengembangan Pembelajaran Aktif, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud RI, Jakarta.

Dirktorat Pembinaan SMA,

2017 Model-model Pembelajaran, Dirjen pendidikan Dasar dan menengah Kemendikbud.

Dita Tri Wahyuningsih,

2010 Skripsi – Upaya Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) bagi Siswa Kelas VII C SMPN 3 Prambanan TA. 2009/2010, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Endang Mulyatiningsih, dr,

2017 Modul Pelatihan Pendidikan Profesi Guru Fakultas Teknik - Metode Penelitian Tindakan Kelas, Universitas Negeri Yogyakarta.

Junaedi,

2013 Skripsi – Peningkatan Aktifitas Siswa dalam Pembelajaran PKn Melalui Penerapan Metode Diskusi di Kelas IV A MI Nurul Huda Kebagusan Jakarta Selatan, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Yusnawan Lubis dan Mohamad Sadeli,

2016 Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XII, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemendikbud.

UU. No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasional.

Permendikbud No. 103 Tahun 2014.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Zona Referensi.com, Pengertian Hasil Belajar Siswa dan Devinisinya Menurut Para Ahli, diakses dari https://www.zonareferensi.com/pengertian-hasil-belajar, pada tanggal 14 Oktober 2018, pukul 09.14.

Muhammad, Teknologi Pendidikan, diakses dari http://muhamads-teknologi-pendidikan.blogspot.com/2009/03/paradigmapendidikan-kewarganegaraan.html. pada tanggal 30 September 2018 pukul 09.50.

Fadli Yanur, Civis Education, diakses dari http://fadliyanur.blogspot.com/ 2008/1/civic-education.html pada tanggal 14 Oktober 2018 pukul 09.50.

SPS.UPI, diakses dari http://sps.upi.edu/pend/wp.html pada tanggal 14 Oktober 2018 pukul, 10.16.

Asik Belajar, Empat Ciri Khusus Model Pembelajaran dan Penjelasannya, diakses https://asikbelajar.com/4-ciri-khusus-model-pembelajaran/, pada tanggal 20 Oktober 2018, pukul 11.30.

Jumrida Husni, Model Pembelajaran Cooperative Grup Investigation, diakses dari https://jumridahusni2.wordpress.com/2013/11/24/model-pembelajaran-cooperative-grup-investigation/, pada tanggal 14 Oktober 2018, pukul 12.35.

JPM

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Penerapan Model Pembelajaran Group Investigaton Pada Materi Kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 3 MAN Alor. (2024). Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(1. JPM), 35. https://doi.org/10.12220/mfgv0k67

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.