Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas VII SMP Negeri Satap Nusa Pada Pelajaran Matematika Materi Segi Empat
DOI:
https://doi.org/10.12220/qy1xeb77Kata Kunci:
Hasil Belajar, Matematika, Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperaif tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar Matematika tentang materi Segi empat siswa kelas VII SMP Negeri Satap Nusa Kecamatan Pantar Timur Kabupaten Alor tahun pelajaran 2019 / 2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui pembelajaran Kooperatif tipe STAD hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri Satap Nusa Kabupaten Alor. ” pelajaran 2019 / 2020 dapat ditingkatkan?” Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttes group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD).sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Satap Nusa sebanyak 12 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik Statistik Deskriptif Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Segiempat mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar rata-rata siswa pada tiap siklusnya. Peningkatan hasi belajar rata-rata siswa pada siklus I sebesar 13,23 dari kondisi awal 61,25 meningkat menjadi 74,58 dan pada siklus II meningkat sebesar 15,67 dari 74,58 pada siklus I menjadi 86,25. Tingkat ketuntasan pada kondisi awal adalah 25,00%, pada siklus I menjadi 58,33%; dan pada siklus II tingkat ketuntasan menjadi 100%. Dengan demikian tingkat ketuntasan dari siklus I ke siklus II naik 41,67%.
Unduhan
Referensi
Anonim.
2001 Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Arikunto, Suharsimi.
1998 Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi.
2010 Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Aditya Bima
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. Suharsimi.
1992 Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Hudojo, Herman.
1984 Metode Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud-Dirjen Dikti
Kemdikbud.
2013 Matematka Kelas VII SMP/MTs: Buku Siswa. Jakarta: Puskurbuk..
Khodijah, Nyayu.
2006 Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.
Krismanto, M.Sc.
2003 Beberapa Teknik, Model dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. PPPG Matematika. Yogyakarta.LTS. (2004).
Markaban.
2008 Model Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika SMK.Yogyakarta.
Munandar, U.
2009 Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Munandar, U.
1999 Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.
Munthe, Bermawi.
2009 Desain Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Musrofi, M.
2010 Melesatkan Prestasi Akademik Siswa. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Pusat Bahasa Kemendiknas.
2007 Kamus Besar Bahasa Indonesia, EdisiKetiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika,
2006 model pembelajaran matematika dengan pendekatan penemuan terbimbing, (Yokjakarta: Departemen Pendidikan Nasional,), hal. 13
Riduwan.
2007 Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabel.
Sabandar, J.
2008 Thinking Classroom dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah.Makalah Pada Seminar Matematika. Bandung.
Sagala, Syaiful.
2003 Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Widyantini Th.
2006. Model Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kooperatif. Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika. Yogyakarta.

Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mukhlis Dolu, M.Pd, Istiqamah,M.Pd (Autor/in)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.