Penerapan Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Speaking dan Student Well-Being Materi Expression of Offering Service/Help Siswa Kelas XII IPA Madrasah Aliyah Negeri Alor

Penulis

  • Moh. Farhan Apetatu,S.S Autor/in

DOI:

https://doi.org/10.12220/dsbeaa69

Kata Kunci:

Direct instruction, kemampuan berbicara, student well-being

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai bahasa Inggris, khususnya pada aspek keterampilan berbicara, siswa kurang berani, terkesan takut dan kurang percaya diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris pada materi pokok expressing offering service/help dengan 2 (dua) siklus dengan mererapkan model direct instruction dan juga penelitian ini bermua kepada tingkat kesejahteraan siswa (student well-being) dalam aspek kepuasan menerima ilmu pengetahuan.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September 2020, bertempat di kelas XII IPA 3 MAN Alor Tahun pelajaran 2020/2021.  Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai, lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan  model pembelajaran langsung (direct instruction) terjadi suasana pembelajaran yang menyenangkan dan berkualitas lebih baik  sehingga  kemampuan  siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus I ke Siklus II terdapat  peningkatan, pada siklus 1 jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 4  siswa dari 21 siswa yang ada  atau 19.04 %, sedangkan  pada  siklus 2  terjadi  peningkatan nilai tuntas yaitu  menjadi 17 dari 21 siswa atau 81,66 % terjadi  peningkatan 50% dan aspek student well being didapatkan data wawancara sebagian siswa yang menyatakan tingginya tingkat kepuasan dalam proses belajar percakapan bahasa inggris, dapat Disimpulkan bahwa model pembelajaran direct instruction dapat meningkatkan kemampuan berbicara (hasil belajar) bahasa Inggris dan meningkatnya kesejahteraan siswa.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Amri, Sofan. Iif Khoiru Ahmadi.

2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas: Metode, Landasan Teoritis-Praktis dan Penerapannya. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Frost, P.

2010 The Effectiveness of student wellbeing program and service. Melbourne: Victorian Auditor-General's Report. Diunduh dari http://download.audit. vic. gov. aulfiles/290110-StudentWellbeing-FullReport. pdf (2010).

Kemmis, Stphan and Robin, M. Taggrat,

1988 The Action Research Planner 3rd Ed Victoria Decan University

Maniruszzaman.

2010 Belajar Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Kedua. Bandung

Mulyono Abdurrahman,

1999 Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, h. 38

Noble, T., McGrath, H., Roffey, S., & Rowling, L.

2008. A scoping study on student wellbeing. Canberra, ACT, Australia: Department of Education, Employment & Workplace Relations.

Tampubolon Saur.

2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga

Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud),

2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, Ed. 3, cet. 4, 2007), h. 408 & 121.

JPM

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Penerapan Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Speaking dan Student Well-Being Materi Expression of Offering Service/Help Siswa Kelas XII IPA Madrasah Aliyah Negeri Alor. (2024). Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(1. JPM), 15. https://doi.org/10.12220/dsbeaa69

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama