Penerapan Metode Whole Language Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di Kelas IV Uptd SD Negeri Bana Kecamatan Pantar Tahun Pelajaran 2023-2024
DOI:
https://doi.org/10.12220/312q2r96Kata Kunci:
Upaya guru, membaca, Whole LanguageAbstrak
Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui pendekatan whole language di kelas IV UPTD SD Negeri Bana Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatarbelakangi fakta pentingnya memiliki kemampuan membaca dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan membaca merupakan dasar bagi seseorang untuk menguasai berbagai bidang studi yang dikajinya. Oleh sebab itu penting bagi guru untuk mengupayakan peningkatan kemampuan membaca siswa. Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas IV di UPTD SD Negeri Bana Kecamatan Pantar Kabupaten Alor Tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (Action Research). Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas dari John Elliot dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, pengamatan, catatan lapangan dan dekumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan persentase hasil pemantau kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran mencapai 30% dan meningkat pada siklus II menjadi 80% dari jumlah keseluruhan siswa yang mendapat skor. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca siswa dalam proaea pembelajaran dapat ditingkatkan melalui pendekatan Whole language.
Unduhan
Referensi
Baderi, A. (2005) Teknik Pemasyarakatan Perpustakaan dan Pembinaan Minat Baca. Bahan Diklat Tenaga Penyuluh Minat dan Gemar Membaca.
Bafadal, Ibrahim. (2009). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Benediktus, (2017) Upaya Guru Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Kelas III A SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 10 Tahun ke-6 2017.
Dwi Viora, dkk (2021) Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5 No. 3 (2021): 2021.
Farida Rahim (2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhammad Sururuddin (2023) Pendekatan Whole Language Dalam Pebelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Citra Bakti, p-ISSN 2355-5106 || e-ISSN 2620-6641, Volume 10, Nomor 1 Tahun 2023, 1-12.
Mutiara Rohmah (2023) Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam Pengajaran Literasi Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Volume 2 Nomor 2 Tahun 2023, 1-9.
Mulyasa, E. (2015). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nehru Meha (2014) Implementasi Whole Language Approach Sebagai Pengembangan Model Pembelajaran Berbahasa Awal Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Non Formal, Jurnal Pendidikan, Volume 15, Nomor 2, September 2014, 68-82.
Nurhadi. (2004). Bagaimana Meningatkan Kemampuan Membaca: Suatu Teknik Memahami.
Nuruh Hidayah (2014) Pendekatan Pembelajaran Bahasa Whole Language, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 1 Nomor 2 Desember 2014 p-ISSN 2355-1925, 1-14.
Poerwardaminta, (1985) Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca.
Tika Nurfitria, (2013) Pengaruh Penggunaan Media Buku Besar (Big Book) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Di Tk Qoshrul Ubudiyah Surabaya, Journal Unesa, Paud Teratai Vol 2 No 2 (2013).
Yusuf, Andi Muhammad (2021) Hubungan Antara Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Thesis, Universitas Negeri Makassar.
UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Munandar M. Abdullah,M.Pd, Hadi Abdul Aziz Kammis,SH (Autor/in)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.