Penerapan Metode Whole Language Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di Kelas IV UPTD SD Negeri Bana Kecamatan Pantar Tahun Pelajaran 2023-2024
DOI:
https://doi.org/10.12345/7xw6fc40Kata Kunci:
Upaya Guru, Kemampuan Membaca, Whole LanguageAbstrak
Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui pendekatan whole language di kelas IV UPTD SD Negeri Bana Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatarbelakangi fakta pentingnya memiliki kemampuan membaca dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan membaca merupakan dasar bagi seseorang untuk menguasai berbagai bidang studi yang dikajinya. Oleh sebab itu penting bagi guru untuk mengupayakan peningkatan kemampuan membaca siswa. Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas IV di UPTD SD Negeri Bana Kecamatan Pantar Kabupaten Alor Tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (Action Research). Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas dari John Elliot dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, pengamatan, catatan lapangan dan dekumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan persentase hasil pemantau kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran mencapai 30% dan meningkat pada siklus II menjadi 80% dari jumlah keseluruhan siswa yang mendapat skor. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca siswa dalam proaea pembelajaran dapat ditingkatkan melalui pendekatan Whole language.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Munandar M. Abdullah,M.Pd, Hadi Abdul Aziz Kammis,SH (Penulis)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.